Yang Perlu Diperhatikan Pemerintah Sebelum kembangkan Kendaraan Listrik

Rasoolway.com – Saat ini, peraturan atau regulasi terkait dengan kendaraan listrik di Indonesia memang sedang diracik oleh pemerintah. Hal ini tentunya dilakukan oleh pemerintah terkait dengan pupaya mereka untuk mengembangkan kendaraan ramah lingkungan tersebut.

Berhubungan dengan hal ini, salah satu pabrikan otomotif dari Eropa, BMW, mengharapkan bahwa regulasi ataupun aturan mengenai kendaraan ramah lingkungan dari pihak Pemerintahan Indonesia dapat segera di rilis.

“Kami sangat berharap bahwa regulasi itu bisa tepat waktu. Tapi saat ini menurut saya yang penting bukan hanya bicara regulasinya saja, tapi bagaimana mengomunikasikannya,” kata Vice President Corporate Communications, BMW Group Indonesia, Jodie O’Tania, ditemui di Senayan, Jakarta, Rabu malam, 28 Februari 2018.

Selain itu, wanita tersebut juga menyampaikan bahwa dirinya berharap adanya komunikasi dari pemerintah kepada pihak pabrikan yang khusus untuk membahas kendaraan ramah lingkungan. Hal ini perlu dilakukan oleh pemerintah karena teknologi kendaraan ramah lingkungan ataupun rendah emisi merupakan hal yang terbilang baru untuk di Indonesia.

“Teknologi itu tidak akan berhasil kalau tidak terbukti membantu kehidupan sehari-hari seperti dari nilai ekonomis lebih tinggi, atau penggunaan yang lebih nyaman. Dengan itu, kendaraan listrik akan lebih mudah diterima di Indonesia,” kata dia.

Berdasarkan pernyataan dari Jodie, pihak BMW bisa saja mengeluarkan produknya yang masuk dalam golongan kendaraan ramah lingkungan meskipun regulasi terkait produk tersesebut belum sepenuhnya rampung.

“Enggak melulu menunggu regulasi. Memang dari BMW Indonesia sendiri memiliki strategi yang sudah sangat konsisten dari 2014, yakni mengomunikasikan bukan hanya kepada kementerian tapi juga ke beberapa pihak yang memiliki kepentingan di kendaraan listrik,” ujar Jodie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *